APAKAH BENAR START-UP INDONESIA MENJADI TUJUAN INVESTASI DIGITAL TERPOPULER SE-ASEAN?
Perkembangan teknologi di era digital sekarang ini yang tumbuh semakin cepat dari hari ke hari telah mengubah model ekonomi bisnis. Kemunculan start-up ialah contoh nyatanya. Start-up adalah perusahaan rintisan yang masih berada pada fase pengembangan atau penelitian untuk terus menemukan pasar maupun mengembangkan produknya. Perusahaan rintisan ini mulai booming dan menjamur di Indonesia sejak beberapa tahun yang lalu.
Berdasarkan data dari Startup Ranking, Indonesia menjadi negara kelima dengan jumlah start-up terbanyak di dunia. Hal itu dibuktikan dengan Indonesia telah memiliki 2.346 start-up. Posisi Indonesia ini di bawah Amerika Serikat, India, Kanada, dan Inggris.
Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, mengatakan bahwa Indonesia merupakan negara yang menjadi tujuan bagi investor melakukan investasi di bidang industri start-up terpopuler se-Asia Tenggara (ASEAN). Hal tersebut juga memperlihatkan bahwa Indonesia merupakan pasar yang potensial untuk teknologi digital.
Banyaknya investor yang tertarik untuk menanamkan modalnya di start-up Indonesia tak lepas dari perkembangan teknologi digitalnya yang menjanjikan dan mencapai Rp401 triliun. Selain itu, pengaruh pangsa pasar digital di Indonesia juga sangat besar. Berdasarkan data dari Internetworldstat, pengguna internet Indonesia mencapai 212,35 juta jiwa, sekaligus menjadi pengguna internet terbanyak ketiga di Asia.
Start-up di sektor teknologi finansial, logistik, dan e-commerce menjadi favorit bagi para investor. Hal ini terlihat dari besarnya jumlah start-up dan pembiayaan yang mengalir ke sektor tersebut. Lebih dari 100 start-up Indonesia berhasil mendapatkan pembiayaan dari investor senilai lebih dari US$1 miliar atau setara Rp14,3 triliun. Start-up yang masih benar-benar baru biasanya dibiayai oleh investor lokal, sedangkan start-up yang mempunyai prospek bertumbuh lebih besar sudah banyak dibiayai oleh investor asing. Pembiayaan dari para investor tersebut bukan hanya sekadar investasi semata, namun itu adalah permulaan dari ikhtiar untuk memperkuat start-up meningkatkan profil di muka investor global lainnya.
Untuk lebih meningkatkan investor dan daya saing perusahaan start-up di Indonesia tersebut, pemerintah harus terus melakukan modernisasi perekonomian yang mendukung inovasi, transformasi digital, serta pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.
Referensi:
Andiriani, Dewi. 2021. Ternyata Ini Alasan Makin Banyak Investor Berinvestasi ke Startup. Diakses pada 5 Agustus 2022 pukul 20.20 melalui https://m.bisnis.com/amp/read/20211023/266/1457359/ternyata-ini-alasan-makin-banyak-investor-berinvestasi-ke-startup.
Kompas.com. 2021. Ekonomi Digital Berkembang, Startup Kebanjiran Pendanaan. Diakses pada 5 Agustus 2022 pukul 20.31 melalui https://amp.kompas.com/money/read/2021/10/04/184044726/ekonomi-digital-berkembang-startup-banjir-pendanaan.
Teknologi.id. 2022. Indonesia Jadi Tujuan Investasi Digital Terpopuler di ASEAN. Diakses pada 5 Agustus 2022 pukul 15.43 melalui https://teknologi.id/amp/investasi/indonesia-jadi-tujuan-investasi-digital-terpopuler-di-asean.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar