Adakah Peran E-Commerce Bagi UMKM di Indonesia?
Seiring dengan adanya perkembangan teknologi, di era digital sekarang ini sangat marak dengan adanya sistem penjualan online yang sering disebut dengan e-commerce, terlebih lagi sejak dunia ini diserang oleh pandemi COVID-19 yang berdampak besar terhadap aktivitas perdagangan di dunia, sehingga sistem penjualan online menjadi pilihan bagi para pelaku usaha dalam menjalankan usahanya.
Berbelanja online saat ini telah menjadi tren tersediri bagi masyarakat Indonesia, sebab hadirnya e-commerce sangat membantu para pelaku usaha dalam menjalankan bisnisnya dan memudahkan konsumen dalam memenuhi kebutuhannya. Penggunaan e-commerce berpeluang besar dalam memperluas pangsa pasar bagi para pelaku UMKM di Indonesia, sehingga akan meningkatkan peran pelaku usaha dalam era digital demi meningkatkan perekonomian nasional dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Selain itu, e-commerce juga sangat membantu para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Dilansir dari liputan6.com, terdapat beberapa manfaat untuk UMKM di Indonesia dari hadirnya e-commerce, yaitu memudahkan para mereka (pelaku usaha UMKM) untuk dapat berkomunikasi dengan calon konsumennya. Komunikasi serta informasi yang jelas dari penjual, akan membuka peluang lebih besar bagi pedagang untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar lagi.
E-commerce dapat membantu produk lokal untuk dikenal sampai ke berbagai negara. E-commerce memudahkan produsen dalam memasarkan produknya baik dalam negeri maupun luar negeri, sehingga para konsumen yang berasal dari mancanegara dapat dengan mudah mengenal produk lokal yang ditawarkan oleh para Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Jangkauan e-commerce yang luas memudahkan produsen dalam menjalankan transaksi jual beli dengan konsumen yang berasal dari berbagai macam daerah dan negara. Hal ini tentunya akan membuka peluang yang besar bagi UMKM yang ada di Indonesia untuk berkembang dan bersaing dengan pelaku usaha yang berasal dari dalam maupun luar negeri.
Terdapat banyak aplikasi e-commerce yang telah beroperasi di Indonesia, beberapa diantaranya yaitu Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Blibli dan JD.ID. Dengan menggunakan aplikasi e-commerce tentunya menguntungkan bagi UMKM di Indonesia yang baru memulai usaha, yaitu dapat mengurangi biaya operasional termasuk sewa toko, etalase produk, strategi pemasaran dan logistik, serta rantai pasokan.
Dilansir dari mediaindonesia.com, berdasarkan data Similarweb kuartal I (Q1) 2021, Tokopedia menjadi marketplace yang paling banyak diakses di internet dengan jumlah kunjungan bulanan mencapai 126,4 juta. Shopee berada di peringkat ke-dua dengan mengantongi 117 juta kunjungan bulanan. Sementara peringkat lima besar lain secara berurutan ditempati oleh Bukalapak, Lazada dan Blibli dengan kunjungan bulanan masing-masing 31,27 juta, 28,20 juta dan 18,52 juta. Dengan adanya fakta tersebut dapat membuktikan bahwa e-commerce mempunyai peran penting terhadap UMKM di Indonesia.
Referensi :
Liputan6.com. 2019. Peran E-Commerce Bagi UMKM di Indonesia. Diakses pada 01 Juni 2022 pukul 22.15 melalui https://www.liputan6.com/news/read/4128517/peran-e-commerce-bagi-umkm-di-indonesia.
Mediaindonesia.com. Peran dan Fungsi E-Commerce untuk UMKM di Indonesia. Diakses pada 01 Juni 2022 pukul 22.30 melalui https://mediaindonesia.com/ekonomi/400316/peran-dan-fungsi-e-commerce-untuk-umkm-di-indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar