Minggu, 15 Agustus 2021

[Economic Facts] #11: BTS MEAL: KOLABORASI MC DONALD'S DAN BTS. BERAPA KEUNTUNGANNYA?


Beberapa bulan lalu, media sosial dihebohkan dengan antrian pajang para ojol di berbagai gerai restoran cepat saji Mc Donald’s. Hal itu menyebabkan kerumunan dan terpaksa dibubarkan oleh petugas, hingga beberapa gerai sampai di tutup. Ya, bagaimana tidak. BTS yang merupakan boy band asal Korea Selatan sekarang sedang populer serta memiliki penggemar diseluruh dunia, pasti banyak Army yang minat membeli paket makanan hasil kolaborasi BTS dengan McD. Mamen, di unggahan ini, penulis akan sedikit mengulas mengenai kolaborasi Mc Donald’s dan BTS yang dinamai BTS Meal. Sebelum itu, secara singkat penulis bahas mengenai Mc Donald’s terlebih dahulu.

Mc Donald’s adalah restoran yang menyediakan makanan cepat saji terbesar di dunia. McDonald's pertama kali didirikan oleh Richard dan Maurice Mc Donald pada 15 Mei 1940 di San Bernardio, California. Kemudian, pada 15 April 1955 Ray Krock membeli lisensi perusahaan tersebut dan sekarang berhasil menjadi perusahaan waralaba sukses. Mc Donald’s menjadi restoran cepat saji favorit masyarakat Indonesia. Seperti yang dilansir oleh @wartaekonomi, salah satu sumber yaitu YouGov menyusun indeks merek cepat saji terbaik di Indonesia yang dinilai berdasarkan beberapa indikator, seperti atas impresi, kualitas, nilai (value for money), kepuasan, rekomendasi, dan reputasi. Hasilnya Mc Donald’s berada di urutan kedua dengan nilai 30,6% dibawah KFC sebesar 37,3%, sementara beberapa merek dibawah McD yaitu Pizza Hut 28,6%, J.C.O 17,5%, Burger King 16,8%, Starbucks 16,4%, Hokben 16%, Richeese 13,4%, Chatime 13,2%, dan diposisi ke sepuluh yaitu Breadtalk 12,9%.

Perusahaan waralaba Mc Donald’s tersebutpun berhasil masuk ke Indonesia yang pertama kali mengadakan pembukaan tanggal 23 Februari 1991 di Sarinah Thamrin, Jakarta. Hal tersebut menjadikan Indonesia sebagai negara ke-70 setelah Mc Donald’sberhasil membuka gerai nya dibeberapa negara lain. Awalnya,pemegang hak waralaba Mc Donald’s  di Indonesia adalah PT Bina Nusa Rama milik Bambang Rachmadi. Selanjutnya, pada tanggal 3 Juni 2009, hak waralaba Mc Donald’s di Indonesia diambil oleh PT Rekso Nasional Food, yang merupakan anak perusahaan dari Rekso Grup. Adapun menu makanan yang ditawarkan oleh perusahaan ini, antara lain seperti hamburger, ayam, kentang goreng, minuman, milkshake, salad, dan lainnya, serta membuat paket makanan inovasi lainnya yang dikeluarkan oleh restoran ini seiring berjalannya waktu. Seperti halnya pada bulan Juni, Mc Donald’s menjadi bahan perbincangan warganet Indonesia karena mengeluarkan paket makanan “BTS Meal”.

BTS Meal adalah menu paket makanan cepat saji hasil kolaborasi antara McDonald’s dengan boy band asal Korea Selatan yaitu BTS. Paket menu BTS Meal dijual dengan harga 40.909 rupiah dengan ukuran medium, dan 77.273 rupiah dengan ukuran dua kali medium. Paket kemasan yang dirancang dengan warna ungu ini berisikan sembilan potong chiken McNUgget, french fries ukuran medium, cola medium serta cajun dan chili sauce, yang dapat dipesan di gerai McDonald’s seluruh Indonesia. Sebelumnya juga, paket makanan BTS Meal ini telah dijual di puluhan negara dunia sejak Mei 2020. Selain paket isi makanan, Kolaborasi Mc Donald’s dan BTS mengeluarkan koleksi merchendise khusus BTS x McD yang dapat dipesan melalui Weverse Shop Indonesia. Beberapa jenis merchendise yang diperjualkan seperti hoodie, sandal, airpodcaset-shirt, tas mini, hingga gantungan kunci dan pen set. Semua produk tersebut didesain dengan perpaduan logo BTS dan McD. BTS Meal berhasil diluncurkan pertama kali di Indonesia pada Rabu, 11 Juni 2021. Para pelanggan khususnya para Army (sebutan fans BTS) hanya bisa memesannya melalui aplikasi layanan online, seperti : McDelivery, GrabFood, GoFood, dan ShoppeFood. Pelanggan tidak bisa membeli dan makan langsung di tempat atau dibawa pulang. Hal itu dikhawatirkan dapat menimbulkan kerumunan antar pembeli, terlebih pada saat ini pemerintah masih menghimbau masyarakat untuk menjaga jarak sebagai salah satu kebijakan untuk mengurangi penularan pandemi Covid 19.

Namun, pembelian yang hanya dapat dipesan melalui beberapa aplikasi layanan online tersebut, malah memicu membludaknya para ojek online di beberapa gerai McDonald’s, bahkan di gerai Mc Donald’s yang ramai terdapat antrian para ojol hingga 3 jam. Sehingga, beberapa gerai McDonald’s terpaksa ditutup karena dianggap tidak taat protokol kesehatan. Hal tersebut, seharusnya sudah menjadi perhatian dan kewaspadaan pihak Mc Donald’s sebelum peluncuran BTS Meal, mengingat BTS adalah boy band yang memiliki banyak penggemar di Indonesia. Sementara itu, BTS Meal yang diperjualkan sekitar 50 negara di seluruh dunia, mendapatkan hasil yang sukses sehingga memberikan keuntungan kepada pihak Mc Donald’s dan pihak BTS nya sendiri. Dari hasil kolaborasi terebut, disebutkan oleh The Korea Times pada 10 Juni 2021, bahwa BTS diperkirakan akan menerima penghasilan sekitar 10 miliar won atau sekitar 128 miliar rupiah.

Terdapat fakta unik lainnya mengenai BTS Meal di Indonesia yang saya tahu, yaitu ada beberapa orang yang saya asumsikan adalah para Army, yang rela membeli kemasan bekas BTS Meal kepada pihak-pihak yang menjualnya. Setelah saya telusuri, benar saja bahwa di platform belanja online dan beberapa media sosial ada yang menjual kemasan BTS Meal tanpa isi makanannya.

Sebelumnya, Mc Donald’s juga telah melakukan kolaborasi dengan rapper Travis Scott pada September 2020, isi paketan dari kolaborasi tersebut yaitu sprite medium, burger quarter-pounder, serta kentang goreng dengan saus barbeque. Disebutkan bahwa, Travis Scott mendapatkan bayaran endorsement dari kolaborasi tersebut sebesar 5 juta dollar AS atau sekitar 71,25 miliar rupiah (dengan kurs 14.250 rupiah). Selain itu, Travis Scoot mendapatkan bayaran atas hasil dari penjualan merchandise berupa t-shirt hingga bantal berbentuk McNugget sebesar 15 juta dollar AS.

Dikutip dari akun instagram @wartaekonomi, Mc Donald's mendapatkan keuntungan hingga 31,8 triliun rupiah akibat dari diadakannya BTS Meal. Lebih rincinya, Mc Donald’s memperoleh keuntungan di kuartal II 2021 mencapai US$2,22 miliar atau setara dengan 32,1 triliun rupiah secara global dan berhasil memperoleh kenaikan yang signifikan dibanding kuartal sebelumnya sebesar US$1,54 miliar. Sementara itu, penjualan bersih Mc Donald’s naik 57% menjadi US$5,89 miliar atau sekitar 85 triliun rupiah, yang berhasil melampaui ekspektasi dari US$5,6 miliar atau 81,1 triliun rupiah. Hal ini disebabkan karena adanya menu paket BTS Meal yang dikeluarkan oleh Mc Donald’s yang dipercaya mendorong lebih banyak pelanggan untuk berkunjung ke restoran. Sehingga, secara global penjualan McD melonjak 40,5% dari tahun sebelumnya.

 

 

SUMBER :

________ https://mcdonalds.co.id/about

Fauzia,Mutia.(090521).Kolaborasi dengan BTS Lewat BTS Meal, McDonalds Untung Miliaran Rupiah.Jakarta: Kompas.com. Diakses pada Rabu, 04 Agustus 2021 jam 13.40 WIB. Link : https://www.google.com/amp.kompas.com/money/read/2021/06/09/162557326/kolaborasi-dengan-bts-lewat-bts-meal-mcdonalds-untung-miliaran-rupiah

Lova,Cynthia.(090621).Ini Daftar Harga BTS Meal di McDonald’s Indonesia.Jakarta:Kompas.com. Diakses pada Rabu, 04 Agustus 2021 jam 13.50 WIB. Link : https://www.kompas.com/hype/read/2021/06/09/123519466/ini-daftar-harga-bts-meal-di-mcdonald’s-indonesia

Saleh,Tahir.(100621).Heboh BTS Meal, Siapa di Balik Investor McD Indonesia?:CNBC Indonesia. Diakses pada Rabu, 04 Agustus 2021 jam 12.37 WIB. Link : https://www.cnbcindonesia.com/market/20210610095440-17-251968/heboh-bts-meal-siapa-di-balik-investor-mcd-indonesia/2

Yunus.(100621).Tak Cuma McD BTS Meal, Ada McD X BTS Merchendise, Gini Cara Dapatnya!. Diakses pada Rabu, 04 Agustus 2021 jam 15.27 WIB. Link : https://www.google.com/amp/s/cerdasbelanja.grid.id/amp/522733900/tak-cuma-mcd-bts-meal-ada-mcd-x-bts-merchendise-gini-cara-dapatnya

 

v


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HIMPUNAN MAHASISWA PRODI MANAJEMEN: MANFAAT UNTUK MAHASISWA DAN PENGURUS 2024

  Himpunan Mahasiswa Prodi Manajemen (HIMAJEMEN) adalah organisasi mahasiswa yang mewadahi mahasiswa Program Studi Manajemen di Universitas ...