Beberapa bulan lalu, media
sosial dihebohkan dengan antrian pajang para ojol di berbagai gerai restoran
cepat saji Mc Donald’s. Hal itu menyebabkan kerumunan dan terpaksa dibubarkan
oleh petugas, hingga beberapa gerai sampai di tutup. Ya, bagaimana tidak. BTS
yang merupakan boy band asal Korea Selatan
sekarang sedang populer serta memiliki penggemar diseluruh dunia,
pasti banyak Army yang minat membeli paket makanan hasil kolaborasi BTS dengan
McD. Mamen, di unggahan ini, penulis akan sedikit mengulas
mengenai kolaborasi Mc Donald’s dan BTS yang dinamai BTS Meal. Sebelum itu,
secara singkat penulis bahas mengenai Mc Donald’s terlebih dahulu.
Mc Donald’s adalah restoran
yang menyediakan makanan cepat saji terbesar di
dunia. McDonald's pertama kali didirikan oleh Richard dan Maurice Mc
Donald pada 15 Mei 1940 di San Bernardio, California. Kemudian, pada 15 April
1955 Ray Krock membeli lisensi perusahaan tersebut dan sekarang berhasil
menjadi perusahaan waralaba sukses. Mc Donald’s menjadi restoran cepat
saji favorit masyarakat Indonesia. Seperti yang dilansir oleh @wartaekonomi,
salah satu sumber yaitu YouGov menyusun indeks merek cepat
saji terbaik di Indonesia yang dinilai berdasarkan beberapa indikator,
seperti atas impresi, kualitas, nilai (value for money), kepuasan,
rekomendasi, dan reputasi. Hasilnya Mc Donald’s berada di urutan kedua dengan
nilai 30,6% dibawah KFC sebesar 37,3%, sementara beberapa merek dibawah McD
yaitu Pizza Hut 28,6%, J.C.O 17,5%, Burger King 16,8%, Starbucks 16,4%,
Hokben 16%, Richeese 13,4%, Chatime 13,2%, dan diposisi ke sepuluh yaitu
Breadtalk 12,9%.
Perusahaan waralaba Mc
Donald’s tersebutpun berhasil masuk ke Indonesia yang pertama
kali mengadakan pembukaan tanggal 23 Februari 1991 di Sarinah
Thamrin, Jakarta. Hal tersebut menjadikan Indonesia sebagai negara ke-70
setelah Mc Donald’sberhasil membuka gerai nya dibeberapa negara
lain. Awalnya,pemegang hak waralaba Mc Donald’s di Indonesia adalah
PT Bina Nusa Rama milik Bambang Rachmadi. Selanjutnya, pada tanggal 3 Juni
2009, hak waralaba Mc Donald’s di Indonesia diambil oleh PT Rekso Nasional
Food, yang merupakan anak perusahaan dari Rekso Grup. Adapun menu makanan
yang ditawarkan oleh perusahaan ini, antara lain seperti hamburger, ayam,
kentang goreng, minuman, milkshake, salad, dan lainnya, serta membuat paket
makanan inovasi lainnya yang dikeluarkan oleh restoran ini seiring
berjalannya waktu. Seperti halnya pada bulan Juni, Mc Donald’s
menjadi bahan perbincangan warganet Indonesia karena mengeluarkan paket makanan
“BTS Meal”.
BTS Meal adalah
menu paket makanan cepat saji hasil kolaborasi antara McDonald’s
dengan boy band asal Korea Selatan yaitu BTS. Paket menu
BTS Meal dijual dengan harga 40.909 rupiah dengan ukuran medium, dan
77.273 rupiah dengan ukuran dua kali medium. Paket kemasan yang dirancang
dengan warna ungu ini berisikan sembilan potong chiken McNUgget, french
fries ukuran medium, cola medium serta cajun dan
chili sauce, yang dapat dipesan di gerai
McDonald’s seluruh Indonesia. Sebelumnya juga, paket makanan BTS
Meal ini telah dijual di puluhan negara dunia sejak Mei
2020. Selain paket isi makanan, Kolaborasi Mc Donald’s dan BTS
mengeluarkan koleksi merchendise khusus BTS x McD yang dapat
dipesan melalui Weverse Shop Indonesia. Beberapa jenis merchendise yang
diperjualkan seperti hoodie, sandal, airpod, case, t-shirt,
tas mini, hingga gantungan kunci dan pen set.
Semua produk tersebut didesain dengan perpaduan logo BTS dan McD. BTS
Meal berhasil diluncurkan pertama kali di Indonesia pada Rabu, 11
Juni 2021. Para pelanggan khususnya para Army (sebutan fans
BTS) hanya bisa memesannya melalui aplikasi layanan online, seperti :
McDelivery, GrabFood, GoFood, dan ShoppeFood. Pelanggan tidak bisa membeli dan
makan langsung di tempat atau dibawa pulang. Hal itu dikhawatirkan dapat
menimbulkan kerumunan antar pembeli, terlebih pada saat ini pemerintah masih
menghimbau masyarakat untuk menjaga jarak sebagai salah satu kebijakan
untuk mengurangi penularan pandemi Covid 19.
Namun, pembelian yang hanya
dapat dipesan melalui beberapa aplikasi layanan online tersebut, malah memicu
membludaknya para ojek online di beberapa gerai McDonald’s,
bahkan di gerai Mc Donald’s yang ramai terdapat antrian para ojol hingga 3 jam.
Sehingga, beberapa gerai McDonald’s terpaksa ditutup karena dianggap tidak
taat protokol kesehatan. Hal tersebut, seharusnya sudah menjadi perhatian
dan kewaspadaan pihak Mc Donald’s sebelum peluncuran BTS Meal, mengingat BTS
adalah boy band yang memiliki banyak penggemar di Indonesia.
Sementara itu, BTS Meal yang diperjualkan sekitar 50 negara di seluruh dunia,
mendapatkan hasil yang sukses sehingga memberikan keuntungan kepada pihak Mc
Donald’s dan pihak BTS nya sendiri. Dari hasil kolaborasi terebut,
disebutkan oleh The Korea Times pada 10 Juni 2021, bahwa BTS
diperkirakan akan menerima penghasilan sekitar 10 miliar won atau sekitar 128
miliar rupiah.
Terdapat fakta unik lainnya
mengenai BTS Meal di Indonesia yang saya tahu, yaitu ada beberapa orang yang
saya asumsikan adalah para Army, yang rela membeli kemasan bekas BTS Meal
kepada pihak-pihak yang menjualnya. Setelah saya telusuri, benar saja bahwa
di platform belanja online dan beberapa media
sosial ada yang menjual kemasan BTS Meal tanpa isi makanannya.
Sebelumnya, Mc Donald’s
juga telah melakukan kolaborasi dengan rapper Travis Scott pada
September 2020, isi paketan dari kolaborasi tersebut yaitu sprite medium,
burger quarter-pounder, serta kentang goreng dengan saus barbeque.
Disebutkan bahwa, Travis Scott mendapatkan bayaran endorsement dari
kolaborasi tersebut sebesar 5 juta dollar AS atau sekitar 71,25 miliar rupiah
(dengan kurs 14.250 rupiah). Selain itu, Travis Scoot mendapatkan bayaran atas
hasil dari penjualan merchandise berupa t-shirt hingga
bantal berbentuk McNugget sebesar 15 juta dollar AS.
Dikutip dari akun instagram
@wartaekonomi, Mc Donald's mendapatkan keuntungan hingga 31,8
triliun rupiah akibat dari diadakannya BTS Meal. Lebih rincinya, Mc Donald’s
memperoleh keuntungan di kuartal II 2021 mencapai US$2,22 miliar atau
setara dengan 32,1 triliun rupiah secara global dan berhasil memperoleh
kenaikan yang signifikan dibanding kuartal sebelumnya sebesar US$1,54
miliar. Sementara itu, penjualan bersih Mc Donald’s naik 57% menjadi US$5,89
miliar atau sekitar 85 triliun rupiah, yang berhasil melampaui ekspektasi dari
US$5,6 miliar atau 81,1 triliun rupiah. Hal ini disebabkan karena adanya menu
paket BTS Meal yang dikeluarkan oleh Mc Donald’s yang dipercaya mendorong lebih
banyak pelanggan untuk berkunjung ke restoran. Sehingga, secara global penjualan
McD melonjak 40,5% dari tahun sebelumnya.
SUMBER :
________ https://mcdonalds.co.id/about
Fauzia,Mutia.(090521).Kolaborasi dengan BTS Lewat BTS Meal, McDonalds
Untung Miliaran Rupiah.Jakarta: Kompas.com. Diakses pada
Rabu, 04 Agustus 2021 jam 13.40 WIB. Link : https://www.google.com/amp.kompas.com/money/read/2021/06/09/162557326/kolaborasi-dengan-bts-lewat-bts-meal-mcdonalds-untung-miliaran-rupiah
Lova,Cynthia.(090621).Ini
Daftar Harga BTS Meal di McDonald’s Indonesia.Jakarta:Kompas.com. Diakses
pada Rabu, 04 Agustus 2021 jam 13.50 WIB. Link : https://www.kompas.com/hype/read/2021/06/09/123519466/ini-daftar-harga-bts-meal-di-mcdonald’s-indonesia
Saleh,Tahir.(100621).Heboh
BTS Meal, Siapa di Balik Investor McD Indonesia?:CNBC Indonesia. Diakses
pada Rabu, 04 Agustus 2021 jam 12.37 WIB. Link : https://www.cnbcindonesia.com/market/20210610095440-17-251968/heboh-bts-meal-siapa-di-balik-investor-mcd-indonesia/2
Yunus.(100621).Tak
Cuma McD BTS Meal, Ada McD X BTS Merchendise, Gini Cara Dapatnya!. Diakses
pada Rabu, 04 Agustus 2021 jam 15.27 WIB. Link : https://www.google.com/amp/s/cerdasbelanja.grid.id/amp/522733900/tak-cuma-mcd-bts-meal-ada-mcd-x-bts-merchendise-gini-cara-dapatnya
v
Tidak ada komentar:
Posting Komentar